| Home | Book-Literature | Inspiring-Religion | Economy-Business | Social-Cultural-Languange | Politics-Conspiracy | Health-Sport | Music-Movie | Femininity-Parenting |

Friday 13 June 2014

BAHAYA MAKAN MIE INSTANT



            Saya sangat paham jika kebanyakan dari kita (apalagi anak kost) lebih memilih makanan praktis/ instant jika dalam kondisi terjebak, diburu waktu atau karena uang kita menipis. Akibatnya anjuran untuk tidak mengonsumsi mie instant terkadang sering kita abaikan. 
Berikut adalah beberapa bahaya mengonsumsi mie instant secara berlebihan atau terlalu sering:

1.      Mengacaukan Metabolisme Tubuh
            Mie instant dapat mengacaukan metabolisme tubuh jika dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang. Akumulasi zat kimia berbahaya seperti pengawet dan pewarna akan menjadi racun di dalam tubuh.

2.      Menyebabkan Kanker
            Beberapa mie instant dikemas dalam styrofoam sedangkan styrofoam adalah agen penyebab kanker. Utamanya mie instant yang hanya disajikan dengan direndam air panas, saat terkena panas, zat kimia di dalam styrofoam ini akan ikut bereaksi dan dapat ikut larut dan masuk ke dalam tubuh.

3.      Menyebabkan Kerusakan Hati, Ginjal dan Liver
            Mie instant mengandung Propylene Glycol, sejenis bahan anti beku yang akan mencegah mie menjadi kering. Apabila tubuh menyerap zat tersebut maka ia akan ditumpuk di area hati, ginjal dan liver. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh (terutama tiga area tersebut), kemudian melemahkan immune tubuh.

4.      Menyebabkan Penyakit Darah Tinggi, Jantung, Stroke, dan Ginjal
            Mie instant kaya akan kandungan sodium yang dapat menyebabkan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan pada ginjal. 

5.      Kandungan MSG Tinggi
            Kandungan MSG (Monosodium Glutamate) dalam mie instant cukup tinggi. Mereka yang tidak tahan atau alergi terhadap MSG biasanya akan merasa selalu haus, dada terbakar, sakit kepala, wajah memerah dan nafas sesak.

6.      Menyebabkan Keguguran
            Ternyata mie instant memberikan pengaruh buruk pada janin. Beberapa kasus keguguran disebabkan karena mereka terlalu sering mengonsumsi mie instant.
 
7.      Menghambat Penyerapan Nutrisi
            Mie instant akan menghambat dan membatasi penyerapan nutrisi makanan. Anak Balita disarankan tidak mengonsumsi mie sama sekali. Akan sangat berbahaya jika sampai mencegah penyerapan nutrisi; anak bisa kurang gizi, kerdil dan bahkan perkembangannya lambat.

8.      Bahaya bagi Pencernaan
            Mie instant berpotensi membahayakan pencernaan jika dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari. Problem pertama yang muncul adalah rasa begah, susah buang air besar dan ketidaknyamanan.

9.      Menyebabkan Kegemukan
            Ternyata mengonsumsi mie instant secara rutin juga dapat menyebabkan kegemukan lho. Jumlah lemak dan sodium yang tinggi di dalam mie instant menyebabkan tidak dapat diserap tubuh dan akan menumpuk menjadi lemak. 

10.  Junk Food
            Mie instant termasuk junk food yang mengandung karbohidrat sangat tinggi dan tanpa tambahan vitamin, mineral atau serat. Kandungan lemak jenuhnya juga tinggi sehingga kalori di dalamnya memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan.

Benar-benar membahayakan ternyata ya?! :o Jadi alangkah baiknya jika kita dapat menghindari atau mengurangi konsumsi produk makanan praktis ini.



[Sumber: Vemale.com]



“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya ALLAAH tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”
(QS. Al-A’raaf: 31)

“Dan Tuhanku, Yang Dia memberi makan dan minum kepadaku,
Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku,”
(QS.Asy-Syu’araa’: 79-80)

No comments:

Post a Comment